RSS

Adding categories to the main menu

03 Jan

This is actually something that I’ve been looking for since a long time, i.e. how to put posts, in the main menu based on the categories chronologically, because usually, posts that are posted chronologically are only in one page, i.e. in home page only, and the other pages are like permanent posts, so we can edit, but we can’t add them chronologically. But by using the steps below we can add some posts in some categories in the main page chronologically. Well, now I know it, but it’s kind of tricky to change the layout of my blog, since I’ve put pages, which are already permanent, in the main menu,along with its hierarchy, instead of categories.

Menambahkan Kategori ke Menu Utama

Menu Utama WorpdressPada artikel kali ini saya akan menulis cara menambahkan kategori ke menu utama pada wordpress atau Header Menu, seperti yang anda lihat pada blog ini. Semua kategori saya letakkan pada Menu Utama, sedangkan untuk halaman (page) saya memanfaatkan footer. Tentunya tips ini akan digunakan apabila tema (theme) yang anda gunakan hanya mempunyai (men-supports) 1 menu. Untuk tema yang mempunyai 2 menu, menu kategori secara otomatis akan tampil pada header menu yang telah tersedia.

Cara membuat menu kategori ini hanya sekedar untuk merubah penampilan website atau blog. Secara bawaan (default) tema, yang biasanya akan muncul pada Menu Utama adalah halaman (page) seperti, about, sitemap, privacy dll. Apabila kita membuat menu utama yang baru, secara otomatis Halaman utama (home) dan halaman (page) tidak akan muncul pada menu tersebut. Namun kita tetap bisa menambah halaman utama (Home) dan halaman (page) ke menu yang baru dibuat tersebut.

Tapi bagaimanapun setiap orang mempunyai pilihan dan selera yang berbeda-beda dengan penampilan website atau blog mereka, jadi cara atau tips ini mungkin berguna bagi anda yang ingin menerapkannya. Baiklah, saya akan langsung saja pada langkah – langkah yang harus dilakukan.

1. Setelah anda log in di wp-admin dan berada di Dashboard klik → Appearance → Menus.menu tampilan appereance wordpress

menu tampilan appereance wordpress

2. Pada box Menu Name anda buat nama menu baru misalnya ” Main Menu “, setelah itu klik → Save Menu.

membuat menu utama di wordpress

membuat menu utama di wordpress

3. Selanjutnya pada box Theme Locations di Primary Menu, pilih menu yang telah di buat dan klik → Save.

memilih menu utama wordpress

memilih menu utama wordpress

– Apabila anda tetap ingin menampilkan home serta halaman (page) dimenu baru tersebut pada box Pages Klik → View All untuk menampilkan semua halaman (page) yang telah anda buat, beri tanda centang pada halaman yang ingin tambahkan lalu klik → Add to Menu.

menambhakan menu halaman ke menu utama pada wordpress

menambhakan menu halaman ke menu utama pada wordpress

– Selanjutnya baru kita akan menambahkan Kategori pada menu utama, seperti diatas anda klik → View All untuk menampilkan semua kategori yang ada, centang setiap kategori yang ingin anda tambahkan dan terakhir klik → Add to Menu.

menambahkan menu kategori ke menu utama di wordpress

menambahkan menu kategori ke menu utama di wordpress

Nah, sekarang Halaman serta Kategori yang anda tambahkan pada menu yang baru ( Main Menu ) telah berpindah ke box Menu Utama. Anda bisa mengatur ( memindahkan ) posisi Halaman dan Kategori sesuai keinginan dengan cara menyeretnya (drag). Setelah anda selesai mengatur posisinya sesuai dengan selera, tinggal langkah terakhir yaitu klik → Save Menu.

menambahkan kategori dan halaman ke menu utama pada wordpress

menambahkan kategori dan halaman ke menu utama pada wordpress

Akhirnya proses menambahkan kategori pada menu utama atau header menu telah selesai. Dan sekarang anda bisa melihat hasilnya dengan membuka Halaman Utama (home) anda, bagaimana apakah Website anda terlihat lebih Menarik dari sebelumnya?

taken: http://barajablog.com/

 
Leave a comment

Posted by on January 3, 2014 in General Stuffs

 

Leave a comment